Marhaban ya Ramadhan. Selamat datang bulan Ramadhan 1432 Hijriah. Sebentar lagi umat muslim di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Tak terkecuali para model SlideGossip yang beragama Islam, tentunya sudah mempunyai persiapan menghadapi bulan Ramadhan (puasa) tahun ini. Apa saja persiapan model-model SlideGossip untuk menjalankan ibadah puasa tahun ini? Apa mereka sering keluar malam? Ibadah apa saja yang akan mereka lakukan di bulan Ramadhan 2011 ini? Simak pengakuan mereka berikut ini :
Nabila Putri :

'Kalau keluar malam kayaknya setiap hari. Soalnya kalau syuting kan dari pagi bisa sampai ketemu pagi lagi. Jadi kalo puasa pas lagi syuting, ya banyak ngabisin waktu di lokasi. Kalau lagi free, biasanya suka kumpul bareng sahabat-sahabatku, Ridwan Ghany, Sheza Idris, Fajar Gomez. Sebulan sekali aku juga suka bikin kunjungan ke panti. Kalau bulan puasa biasanya kita sahur bareng atau buka puasa bareng.'

Ebi Omami :
'Keluar malam nggak terlalu sering juga sih. Kalau bulan puasa paling ada acara buka bersama teman-teman SMP, SMA atau kampus sambil reunian. Selesai buka puasa paling ngumpul dan ngobrol-ngobrol. Kalau ibadah sih, yang beda buat malamnya aja jadi ikut shalat tarawih berjamaah. Selebihnya soal ibadah kurang lebih sama.'

Revi Wijardi :
'Persiapan gue sebelum bulan puasa adalah niat nggak bakal bolong-bolong puasanya. Niatin dalam hati biar bisa full puasanya. Keluar malam sih suka, paling nongkrong sama teman-teman. Tapi kalau bulan puasa ya dijadikan kegiatan ibadah, seperti sahur on the road.'

Addin Hidayat :
'Untuk persiapan bulan puasa ini, seperti biasa umat muslim pada umumnya ya. Kita sucikan diri, tubuh dan nurani kita untuk menyambut bulan yang besar (Ramadhan) bagi umat muslim. Ramadhan tahun ini sangat berbeda, karena hari pertama puasa nanti nggak bisa bersama keluarga dan harus dihabiskan di lokasi syuting bersama yang lain. Cukup sedih juga, tapi gapapa, yang terpenting puasa tetap jalan dan badan tetap fit sampai berbuka. Kalau keluar malam, paling pas ada birthday party atau event aja. Tapi kalau bulan puasa, yang birthday atau punya event pun pasti sadar akan bulan Ramadhan. Paling diganti dengan buka bersama atau sahur bareng. Untuk ibadahnya ya shalat tarawih dan shalat witir.'

Ade K Yusuf :
'Kalo hari biasa gue jarang keluar malam, paling sekali-sekali. Lebih suka di rumah, nonton TV. Kalo bulan puasa juga jarang banget main malam, apalagi sekarang pingin banyakin ibadah. Mau rajin tarawehan dan banyakin mengaji.'

Rivan Gifari :
'Gue suka keluar malam. Buat nge-gym, hahaha. Tahun kemarin gue merasa kurang optimal beribadah di bulan Ramadhannya. Jadi tahun ini, gue akan berusaha lebih baik lagi soal ibadah. Gue akan banyakin mengaji dan shalat taraweh.'

Riswanto Zerio :
'Saya suka keluar malam. Fitness sore terus cari makan, kadang bisa sampai malam. Kalau bulan puasa saya tinggal sesuaikan aja schedule-nya jadi siang. Malamnya saya pakai buat ibadah shalat tarawih aja biar makin afdol puasanya.'

Nick Rampisela :
'Persiapannya, siapin buku aja, hahaha. Gue suka banget keluar malam. Bulan puasa pun sama. Soalnya aktivitas di bulan puasa, ramenya malam. Umumnya bulan puasa kerjaan desain juga banyak, jadi kerjain itu aja. Tapi kalau bulan puasa tahun ini, gue lagi merampungkan buku. Kalau ibadah, nanti aja pas shalat Ied (Idul Fitri), hahaha.'

Indra Permana Putra :
'Gue jarang keluar malam kecuali kalau ada keperluan penting. Kegiatan gue di bulan puasa kalau nggak ada syuting, banyak gue habisin waktu sore harinya buat olahraga atau nge-gym. Malam, gue wajib taraweh! karena selain ibadah, gue juga bisa ketemu teman-teman gue. Tapi kalo gue ada syuting, paling jalanin puasa seperti biasa dan shalat taraweh bareng-bareng kru. Ibadah di bulan puasa sih seperti biasa aja. Shalat lima waktu yang emang udah wajib. Kalau habis sahur, terus shalat subuh dan biasanya gue ngaji (membaca Al-quran). Yang paling berbeda di bulan Ramadhan adalah saat gue ngejalanin shalat taraweh.'

Chairul Rizki :
Persiapan puasa, naikin berat badan! Karena nanti pas puasa bakal turun berat badan gue. Makanya sebelum masuk bulan puasa, makan dan olahraga lebih dimaksimalkan. Berat badan dinaikin, jadi pas lebaran nanti gue nggak kurus banget karena puasa selama satu bulan.'

Arif Rahman :
'Persiapan saya mungkin mulai saat ini saya harus puas makan apa saja yang saya inginkan, karena itu tidak bisa saya lakukan pada saat bulan penuh berkah ini datang. Namun sebelumnya saya harus berbenah diri dan semakin mendekatkan diri kepada sang ilahi.'

Fahmi Qurusy :
'Persiapan paling awalnya, menjalani malam Nisfu Sya'ban yang jatuh tanggal 16 Juli kemarin. Lalu bersilaturahmi dengan sanak keluarga baik secara langsung atau lewat telepon untuk bermaaf-maafan sebelum puasa agar ibadah di bulan Ramadhan nanti bisa berjalan dengan khusyuk. Selain itu juga mempersiapkan keperluan puasa seperti perlengkapan ibadah dan kebutuhan pokok. Karena puasa tahun ini tidak mudik ke rumah orang tua di Bekasi, jadi saya jalani ibadah puasa bersama dengan kakak dan keluarga adik ibu di Bekasi. Selamat berpuasa buat teman-teman yang menjalankannya.'