Kita mungkin pernah mendengar wanita yang mengalami vaginismus. Wanita yang mengalaminya tidak bisa melakukan seks sampai dengan penetrasi atau masuknya penis.
Namun kita tidak perlu berputus asa ketika kebetulan anda atau istri anda menderita vaginismus, berikut ini adalah beberapa penjelasan lebih lanjut tentang apa itu vaginismus dan bagaimana solusinya yang diberikan oleh Paula Hall.
Apakah itu Vaginismus?
Vaginismus sendiri merupakan kondisi dimana tekanan psikologis memanifestasikan bentuknya dalan respon fisik yang sangat kuat. Ketika penetrasi akan dilakukan pada vagina, otot-otot akan mengalami pengejangan secara tiba-tiba sehingga penis tidak dapat dimasukan. Beberapa sebabnya adalah adanya alasan bahwa proses penetrasi masih tidak mungkin dilakukan karena tanpanya pun orgasme bisa hadir, adanya ketakunan terhadap penetrasi, dan tidak antusiasnya wanita pada hubungan seks.
Secara umum beberapa wanita mengalami vaginismus sebagai bagian dari proses kehidupan dewasa mereka namun pada kasus tertentu hal ini bisa terjadi karena si wanita pernah mengalami trauma tertentu di masa lalu. Vaginismus tentu menyebabkan kehidupan seksual seorang wanita berkurang secara kualitas. Bagi si pria, tentu hal ini akan menjadi kerugian dan dapat menganggu kehidupan rumah tangga.
Apa penyebab vaginismus?
Secara general, penyebab psikologis dapat dibagi ke dalam 3 kategori :
1. Nasehat yang tidak benar tentang seks semasa kecil
Banyaknya pendapat tentang seks semasa kecil yang berbau negatif dapat menjadi penyebab vagisnimus. Beberapa di antaranya adalah pendapat-pedapat di bawah ini :
- Seks adalah hal yang negatif dan harus dijauhi
- Pendidikan seks adalah tabu sehingga membuat Anda merasa bersalah ketika Anda merasakan gairah seksual
- Pubertas adalah sesuatu yang kotor dan memalukan
- dan berbagai pendapat lainnya yang membuat Anda takut terhadap seks
2. Adanya trauma
Trauma akan hubungan seks yang menyakitkan dengan pasangan terdahulu juga dapat menjadi penyebab vagisnimus pada wanita. Trauma akan kasus tertentu seperti pemerkosaan dan pelecehan seksual juga termasuk di dalamnya.
3. Adanya masalah dalam hubungan dengan pasangan
Masih terdapatnya masalah yang belum terselesaikan antara Anda dan pasangan Anda juga bisa memberikan pengaruh terhadap kemungkinan terjadinya vagisnimus. Sebaiknya selesaikan semua masalah terlebih dahulu sebelum melakukan hubungan seksual.
Bagaimana mengatasi vaginismus?
Vagisnimus adalah kondisi yang bisa disembuhkan dengan penanganan yang tepat. Berkonsultasilah dengan dokter Anda untuk membantu memahami penyebab dari masalah yang Anda hadapi dan mendapatkan solusinya.
Teknik mengatasi sendiri
- Tetap rileks ketika hendak melakukan penetrasi. Mandi air hangat, mendengarkan musik lembut, dan berlatih teknik pernafasan akan membantu Anda menjadi lebih rileks.
- Memahami badan Anda lebih baik.
- Berlatih senam kegel agar otot-otot kewanitaan Anda menjadi lebih dapat terkontrol.
- Ketika sedang dalam keadaan santai, ada baiknya mencoba melakukan penetrasi sendiri dengan ujung jari Anda atau bantuan benda seperti cotton bud. Setelah terbiasa, tingkatkan dengan mencoba dengan jari pasangan Anda. Anda juga dapat menggunakan sex toys untuk berlatih penetrasi sebelum mencoba untuk melakukan penetrasi yang sesungguhnya.